Jika kamu sering menggunakan aplikasi Microsoft Excel baik 2003,2007 ataupun versi yang terbaru, maka pasti kamu sudah tidak asing lagi menggunakan rumus-rumus Microsoft Excel yang ada di dalam aplikasi tersebut.Nah,,, sekarang pertanyaannya adalah bagaimana jika kamu masih seorang
pemula atau masih tahap belajar ?? tidak perlu khawatir karena disini saya akan berada untuk kamu #ea :v maksudnya saya akan memberikan rumus serta fungsi dasar dari excel.
Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi pengolah angka buatan Microsoft .Excel memiliki rumus-rumus sehingga mempermudah penggunanya.
Setiap rumus yang ada di dalam excel memiliki fungsi tersendiri.Oleh karena itu kamu harus benar-benar memahami masing-masing fungsi dasarnya agar penggunaan rumus dalam Ms Excel bisa lebih maksimal dan efisien.Jika telah paham fungsi dasar nya,kamu dapat berkreasi dalam meracik rumus yang sesuai kebutuhan data kamu.
oke langsung saja kita cekidot.
Bagian-Bagian Excel
Cara Menulis Rumus Pada Excel
Penting !!
Setiap akan memasukkan rumus excel wajib diawali dengan operator sama dengan ( = ).
Cara 1 : Menulis Rumus dengan mengetikkan angka langsung
- Letakkan pointer(penunjuk) sel pada sel tempat hasil rumus ditampilkan
- Pada Formula Bar, ketikkan =45000+50000
NOTE : Menulis rumus dengan cara ini cukup mudah kalau rumusnya sederhana dan angka serta lokasi sel yang tetap.
Cara 2 : Menulis Rumus dengan lokasi sel
- Letakkan pointer(penunjuk) sel pada sel tempat hasil rumus ditampilkan.
- Pada formula bar, ketikkan =A4+A5, kemudian tekan Enter ↲.
NOTE : Menulis rumus dengan cara ini sangat bermanfaat jika data nya sering berubah.
Cara 3 : Menulis rumus dengan bantuan mouse
- Letakkan pointer(penunjuk) sel pada sel tempat hasil rumus ditampilkan.
- Pada formula Bar, ketikkan = lalu pilih sel yang di inginkan misalnya : sel A4, maka klik sel A4
- lalu ketik tanda + , lalu pilih sel yang di inginkan , misalnya : sel A5, maka klik sel A5
NOTE : Menulis rumus dengan cara ini sangat dianjurkan karena dapat mengurangi kesalahan ketik alamat sel.
Rumus Dasar pada Excel
Karena Excel adalah pengolah angka, maka excel pasti terdapat rumus-rumus untuk mengolah data angka seperti menghitung pajak, membuat nilai dsb. Dan setiap yang kita lakukan pada excel pasti sering menghadapi rumus-rumus.Pada excel memiliki Rumus dasar yang sering digunakan. Lihat Gambar Berikut :
Bagaimana Cara penggunaannya ??
oke,, cekidot
oke,, cekidot
Untuk Penjumlahan :
Untuk mengisi kolom hasil , ketikkan =A3+B3 , karena kita akan menjumlahkan dari dua data yang ada pada sel tersebut.kemudian tarik hingga C7 untuk mendapatkan hasil jumlah dari semua data tanpa harus mengetiknya kembali.
Untuk Pengurangan :
sama seperti tadi , namun hanya berbeda operator. Jika sebelumnya melakukan penjumlahan dengan tanda + ( tanda plus ), maka untuk melakukan pengurangan dengan tanda - ( tanda minus ). Begitu juga seterusnya. Lihat Gambar dibawah :
Untuk Perkalian :
Untuk Pembagian :
Untuk Pangkat :
=A3^2 , maksudnya adalah Data dari sel A3 akan di pangkatkan 2.
Untuk Prosentase :
Untuk Prosentase ada 2 Cara yaitu dengan cara perkalian dengan sel persen dan cara kedua menulis angka persen nya secara langsung.
Cara Pertama : Cara Prosentase dengan perkalian data dengan sel persen
Cara Kedua : Cara Prosentase dengan menulis angka persennya langsung
Untuk postingan selanjutnya kita akan membahas fungsi dasar excel, jadi jangan sampai ketinggalan ya teman-teman.Ditunggu ya... :D
Oke sekian dulu dari saya.
Terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.
EmoticonEmoticon